Kali Keyang


Anda suka memancing di tempat yang alami? Atau anda suka bermain air? Datanglah ke Kecamatan Sooko. Di Kecamatan Sooko terdapat aliran sungai yang membentang dan berhilir di Sungai Madiun. Nama sungai tersebut sering disebut Sungai Keyang tetapi masyarakat setempat menamakan Sungai tersebut sesuai tempatnya, contohnya sungai  tersebut melalui wilayah Dusun Sombro, maka sungai tersebut dinamakan penduduk setempat dengan nama Kali Sombro. Sungai tersebut juga melalui Desa Ngadirojo sehingga masyarakat setempat menamakannya dengan Kali Ngadirojo.

Aliran Sungai Keyang ini berhulu dari daerah Kecamatan Pudak, airnya yang jernih dimanfaatkan penduduk sekitar untuk mengairi sawah. Selain untuk keprluan pertainan, aliran sungai ini sangat banyak ikannya sehingga banyak orang yang memiliki hobi memancing menyempatkan diri untuk memancing di aliran sungai ini. Pemandangan di sepanjang aliran sungai ini yang indah dan batu-batu besar yang berada di sungai menjadi daya tarik tersendiri bagi para pemburu ikan. Ikan yang bisa didapat para pemancing antara lain ikan wader, cakul, lele bahkan ada kura-kura yang pernah makan umpan pemancing. Walaupun ikannya adalah ikan golongan kecil namun tak mengurangi sensasi memancing di sungai ini. Banyaknya ikan yang berada di aliran Sungai Keyang ini tidak lepas dengan diterapkannya UU Lingkungan Hidup yang melarang segala aktifitas mencari ikan dengan racun. Dengan diterapkannya UU tersebut ikan tumbuh secara pesat.

Selain sebagai tempat memancing, aliran Sungai Keyang tidak menuntut kemungkinan bisa digunakan sebagai wahana arung jeram. Aliran air yang deras sangat mendukung untuk wahana tersebut, apalagi terdengar kabar yang sudah lama terdengar jika nantinya aliran Sungai Keyang ini akan dibuat bendungan di daerah Ngindeng Kecamatan Sawoo.

2 thoughts on “Kali Keyang

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s