Mbah Fadillah (Mbah Fadil Genthan)


Sebagai orang Ponorogo saya penasaran tentang sejarah Ponorogo, ketika ada waktu sering saya mencari artikel tentang Ponorogo. Nah kali ini saya menemukan tentang sekelumit sejarah Pondok Gethan. Mungkin ini bukan sejarah besar tentang Ponorogo,tapi ini ada hubungannya dengan pondok dimana aku dulu pernah belajar disana. Durisawo. Berikut sekelumit sejarah Mbah Fadilah pendiri Pondok Gethan.

Mbah Fadillah adalah ulama pendiri pondok di Genthan Ngrupit Jenangan Ponorogo, beliau adalah mursyid pertama Toreqoh Naqsabandiyah di Ponorogo, beliau seangkatan dan sekaligus teman dengan Mbah Kaji Dullah (Masih keturunan Kyai Ageng Besari Tegalsari) Pilang Surodikraman Ponorogo.

Beliau dimakamkan dibelakang masjid yang didirikan oleh beliau. Dan uniknya masjid genthan ini diambil dari kata “Gentha” yang artinya lonceng yang menggema, dari cerita orang-orang tua dulu pada setiap jam tertentu dari masjid ini terdengar lonceng, tersering pada waktu tengah malam.

Murid terkenal beliau adalah Kyai Abu Dawud pendiri Pondok Pesantren Durisawo Nologaten Ponorogo ( tempat aku mondok semasa SMA,hehehehe), dan di pondok inilah Kyai Zarkasi penerus pendiri pondok Darussalam Gontor (Trimurti Gontor) menimba ilmu  dan sekaligus dibaiat Thoreqoh Naqsabandiyah

4 thoughts on “Mbah Fadillah (Mbah Fadil Genthan)

  1. Ternyata masih membingungkan sejarah kita. Terbukti dibeberapa kasus sejarah indonesia banyak sekali yang ngambang. Sanggupkah kita meluruskan sejarah bangsa ini?

Leave a comment