Akhirnya Aku Berhenti Merokok


rokok11Dulu aku seorang perokok aktif, awal mula aku menjadi perokok setelah aku keluar dari SMA. Pertamanya hanya ingin mencoba hingga akhirnya menjadi pecandu rokok. Namun sekarang aku sudah bisa meninggalkan kebiasaan burukku itu. Perlu usaha yang berat untuk bisa lepas dari rokok. Berikut ini tips yang aku lakukan sehingga aku bisa berhenti merokok. Bagi para perokok yang tidak berkenan dengan tipsku jangan tersinggung, karena ini pengalaman pribadiku
Niat ang kuat dan kemauan yang besar
Untuk bisa berhenti merokok harus mempunyai niat yang kuat untuk berhenti. Selain harus didorong dengan keinginan yang besar. Dulu aku pernah mencoba untuk berhenti, namun karena keinginanku berhenti tidak besar akhirnya aku merokok lagi.
Pikirkan bahaya rokok
Kalau kita sadar akibat yang ditimbulkan rokok, mungkin kita akan menjahuinya. Ingat selalu bahaya rokok yang sangat merugikan kita
Takutlah akan dosa
Kalau kita takut dosa, pasti kita akan menjauhi rokok. Seperti kita ketahui bersama akibat buruk rokok tidak hanya untuk si perokok saja, namun juga orang disekitar kita yang ikut menghirup asap rokok yang kita keluarkan dari mulut kita. Dan kita tau jika melakukan sesuatu yang lebih banyak menimbulkan madhorot baik untuk kita atau orang lain itu di anggap melakukan dosa.
Patuhi fatwa MUI
Beberapa bulan yang lalu MUI mengeluarkan fatwa haram merokok. Mari kita patuhi agar kita bisa benar-benar berhenti merokok
Carilah teman, pacar atau pendamping hidup yang anti rokok
Dengan mencari teman atau pacar yang anti rokok, ada orang yang selalu mengawasi dan mengingatkan kita untuk menjauhi rokok.

Itulah yang aku lakukan sehingga aku bisa berhenti. Pada awal-awal proses berhenti merokok terkadang keinginan untuk merokok lagi sangat kuat. Untuk menghindari hal tersebut ada beberapa tips yang perlu dilakukan
Bawala
h selalu permen
Ketika keinginan merokok itu datang lagi, makanlah permen tersebut sebagai ganti rokok
Tolak tawaran untuk merokok

Godaan terhebat untuk berhenti merokok dalah lingkungan, jika lingkungan kita banyak perokoknya bisa dipastikan kita mendapat tawaran merokok dari mereka. Jika teman atau siapapun yang menawari kita rokok, beritahukan kepada mereka jika kita sudah tidak lagi merokok. Sambil mengacungkan jempol ucapkan “Matursuwun kula sampun mboten ngudut malih”. Dengan penolakan seperti itu orang akan tahu jika kita bener-bener sudah tidak merokok lagi
Bawalah uang secukupnya
Ketika kita merasa uang kita lebih dan keinginan merokok datang lagi, bisa dipastikan kita akan berhenti ditoko untuk membeli rokok. Untuk menghindari hal tersebut, bawalah uang secukupnya saja sesuai yang dibutuhkan. Pastikan tidak ada anggaran untuk membeli rokok walaupun Cuma sak uthil.
Gantilah kebiasaan merokok dengan kegiatan yang lain
Orang merokok merasakan nikmat biasanya setelah makan, klo sehabis makan tidak merokok rasanya ada yang kurang. Ada juga yang biasa merokok pada saat mengerjakan tugas, menanti teman dll. Gantilah kebiasaan-kebiasaan tersebut dengan kegiatan lainya. Semisal sehabis makan membaca Koran atau yang lainnya

Itulah beberapa tips yang aku lakukan sehingga aku bisa berhenti merokok. Untuk para perokok yang masih sayang sama rokoknya, cobalah untuk berhenti karena rokok tidak memberikan manfaat pada kita, rokok hanya memberikan kerugian. Pedulikan diri kita, jangan sampai kita nanti dibuat menyesal. Jika tidak ada rasa peduli terhadap diri kita, marilah kita peduli terhadap orang lain, sadar atau tidak pada saat kita merokok kita telah berbuat kejahatan. Kiranya kita tidak mau disebut penjahat. Dan ingat, Negara ini tidak bakalan miskin jika tidak ada yang merokok. Jadi marilah kita mulai berniat dan mencoba meninggalkan kebiasaan buruk kita, mari pedulikan diri kita dan orang lain.

17 thoughts on “Akhirnya Aku Berhenti Merokok

  1. sip kang.
    saya ndak merokok bukan karena saya patuh pada MUI, juga bukan karena saya kemayu, dan bukan banget karena saya ndak punya uwang.
    saya ndak merokok karena saya peduli.:mrgreen:

  2. @arifudin, sampeyan ngrokok to mas, baru tau aku,,,,tak kirain warok gak ada yang ngrokok.
    @petruk, aku ndiri juga belum punya cewek mas, jadi anda ngantri dulu, klo aku dah dapat baru anda tak cariin
    @denologis, waaaah itu yang bagus den, jaman sekarang rasa peduli dah langka.
    @galuharya, po yo ngono mas…
    @alief, nah klo yang satu ini kutau taat ma MUI….hik hik

  3. RAHASIA BAGI YANG PEDULI AKAN KESEHATAN DIRI DAN KELUARGA:
    TIPS AGAR PACAR/SUAMI BERHENTI MEROKOK!

    Mungkin Anda adalah orang yang peduli pada kesehatan, namun sayang, pacar/suami Anda “terikat” dengan kebiasaan merokok yang bukan hanya tidak sehat, tetapi juga SANGAT MENGANCAM kesehatan diri dan keluarga Anda.

    Namun jangan khawatir, .. saat ini kami hadir untuk memberi solusi bagi Anda, agar dengan cara diam-diam, Anda bisa membuat suami/pacar Anda berhenti dari kebiasaan yang mematikan tersebut!

    Telah hadir dan teruji, sebuah “kartu ajaib” QUIT SMOKING CARD yang dapat mentralisir 4000 racun dalam setiap batang rokok, termasuk zat2 racun yang mengakibatkan seseorang menjadi kecanduan.
    Caranya : Tempelkan kartu tersebut di luar bungkus rokok, dan biarkan 10 menit, dan ambil/simpan kembali kartu tsb. AJAIB — tiap batang rokok itu akan ternetralisir, dan jika suami/pacar Anda mengisap rokok tersebut, akan terasa ringan (karena sudah tidak ada nikotin/racun2nya, juga zat addictivenya).
    Jalani saja 2-3 bulan seperti itu, .. pengalaman membuktikan bahwa dalam 3-6 bulan, suami/pacar Anda akan terbebas dari kecanduan rokok!

    Satu kartu Quit Smoking Card, bisa dipakai untuk menetralisir 100.000 batang rokok (atau 3 tahun pemakaian). Sangat menolong mereduksi kwalitas racun bagi perokok-perokok pasif (seperti Anda dan anak-anak Anda).

    Anda MAU SEHAT BUKAN?? Anda pun MAU orang-orang yang Anda sayangi SEHAT BUKAN?? Jangan biarkan pacar/suami khususnya menghancurkan masa depan Anda dan keluarga hanya karena rokok!!
    Ceraikan segera ROKOK itu dari Pacar/Suami Anda!

    Quit Smoking Card, harganya hanya Rp. 110.000 (seratus sepuluh ribu rupiah saja) — GRATIS ONGKOS KIRIM utk Jabodetabek!
    Untuk informasi hubungi: abiyah.quitsmokingcard@gmail.com
    Untuk Pemesanan Online, dilakukan di:
    http://www.global-pustaka.com/tb/index.php?categoryID=37

    Lakukan CEPAT .. sebelum TERLAMBAT!

    ABIYAH CARD NETWORK
    DISTRIBUTOR RESMI QUIT SMOKING CARD
    Ruko Cempaka Mas Blok K-31
    Jakarta Pusat 10640 Indonesia
    Layanan Konsumen: 021-92762829

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s