Silsilah Kyai Ageng Mohamad Besari Tegalsari


Tegalsari sudah tidak asing lagi bagi kita, khususya bagi masyarakat Ponorogo. Di Tegalsari inilah lahir tokoh-tokoh terkenal di negeri inij.  Sosok yang tak bisa dilepaskan dari Tegalsari adalah pendirnya, yaitu Kyai Ageng Mohamad Besari.

Berikut ini adalah silsilah keturunan pendiri Pondok Tegalsari, untuk silsilah lengkapnya silahkan klik link di bawah silsilah berikut.

Silsilah ini dan sejarah riwayat permulaan dari Gusti Kanjeng Nabi Muhammad s.a.w. yang menurun ke Tegalsari, Jetis Ponorogo.

Siti Fatimah berputra Baginda Kusen

Baginda Kusen berputra Zainal ‘Abidin

Zainal ‘Abidin berputra R. Alap-alap

R. Alap-alap berputra R. Lumusuh

R. Lumuzuh berputra R. Al – Shodiq

R. Al – Shodiq berputra R. Musarir

R. Musarir berputra R. Samangun

R. Samangun berputra R. Samandakir

R. Samandakir berputra R. Ali Dakir

R. Ali Dakir berputra R. Im. Dja’par Sidik

R. Im. Dja’par Sidik berputra Sjeh Djumadil Qubra

Sjeh Djumadil Qubra berputra Maulana Ibrahim

Maulana Ibrahim berputra R. Rachmad

R. Rachmad berputra R. Satmoto

R. Satmoto berputra Nyai Anom Besari yang wafat dan dimakamkan di Kuncen, Caruban Madiun

Ny. ANOM CARUBAN berputra 3 orang putra :

  1. Kyai Kotib Anom, wafat dan dimakamkan di Klambret desa Srigading Tulungagung.
  2. Kyai Moh. Besari Tegalsari
  3. Kyai Nur Sadiq, wafat dan dimakamkan di Jetis, Tegalsari dan menurunkan Kyai Mukmin, yang wafat dan dimakamkan di Nglawu, Mlarak Ponorogo.

Adapun silsilah dari Kerajaan Majapahit sebagai berikut, Prabu Brawijaya Majapahit berputra Ratu Jenggala Kediri dan yang terakhir ini berputra Pangeran Demang. Pangeran Demang berputra Raden Demang, Raden Demang berputra Kyai Ageng Ngabdul Mursad Tukun Kediri. Kyai Ageng Ngabdul Mursad berputra Kyai Anom Besari, Kuncen Caruban Madiun.

Kyai Muhammad Besari Tegalsari berputra 9 orang :

  1. Nyai Abdurrachman
  2. Kyai Jakub
  3. Kyai Ismangil
  4. Nyai Buchari
  5. Kyai Iskak Coper
  6. Kyai Cholifah
  7. Kyai Ilyas
  8. Nyai Bandjarsari
  9. Kyai Zainal ‘Abidin Raja Selangor

KLIK DISINI untuk melihat silsilah keturunan beliau

25 thoughts on “Silsilah Kyai Ageng Mohamad Besari Tegalsari

    • kalo menurut sy gini, yg di nglames itu kyai MUHAMMAD BESARI, nah sedangkan yg di tegalsari ponorogo ialah kyai HASAN BESARI/ANOM BESARI. Dan antra keduanya memang berbeda.

      • Klau boleh meluruskan, Kiai Muh. Besari itu berbeda dg Kiai Muh. Besari yg dimakamkan Di Nglames Madiun. Kiai Muh Besari bin Kiai Anom Besari (Kuncen Caruban) itu dimakamkan di Ponorogo sedangkan yg Di Nglames itu Kiai Muh Besari (Ngalimuntoha) putra Kiai Burhan

      • Memang benar yg dimakamkan di Tegalsari Jetis Ponorogo itu diantaranya Kiai Hasan Besari tp beliau beda dg Kiai Muh Besari krn Kiai Muh Besari adl kakek dari Kiai Hasan Besari. Hal trsbt berdasarkan referensi ‘Buku Silsilah Kyai Ageng Kasan Besari Tegalsari Jetis Ponorogo’ yg disusun oleh M. Barokah Hasan Besari tahun 1974.

  1. Alhamdulillah ternyata msh ada anak muda yg mau mengenal sejarah para wali dan raja majapahit.sy rasa smuax benar berpendapat,apa salah x org berpendapat.sy berpikir stlh sy ke makam2 para wali ternyata se tanah jawa ini adlh saudara kita klo anda2 mau berpikir.klo pgn mngerti anda2 coba pergi ke makam2 para wali ato raja2 pst da hub x antara 1 dgn yg ln.Cuman dijaman skrg ni jarang da mbah2x yg jelasin dr mana asal usul qt yg sbnr x.mgkn ckp sekian dr sy.wassalamukalaikum.

    • kebetulan ayah saya kelahiran madiun 1945 di maospati..da silsilahnya meskipun itu hilang menurut ayah saya..

      • ooh yaa ayahnya kelahiran Maospati thn 1945 dan masih keturunan Kyai Hasan Besari Tegalsari…? siapa nama Ayahnya mas, Maospatinya dimana karena saya kecil sekolah tamat sampai SD di Maospati dan kami juga keturunan KH. Hasan Besari

  2. Assalaamu ‘alaikum. Pak Admin, apakah benar ayahnya Syaikh Djumadil Qubro adalah R. Imam Dja’far Shodiq? Bukannya Syaikh Jalaluddin Kubro??? Mhn penjelasan yang benar, yaa agar tdk rancu…. Mhn dibalas pula ke WA saya di 0812 8979 6907 krn saya adlah msh keturunan Nada Besari, keturunan Kyai/ Nyai Anom Besari….

    Terima kasih.

  3. Matur nuwun mas ,sy pernah dengar cerita dr alm ibunda sy tentang hubungan kekerabatan dengan keluarga ndalem

  4. salam
    saya udin,

    Maaf, kalau sebelumnya kurang berkenan…
    yang cerita ini dari garis keturunannnya atau yang mengkisahkan saja

    bila punya data mohon dapat share ke dukseno@gmail.com

    niatku hanya berharap leluhurku diampuni dosa-dosanya, tidak lebih

    salam

    • yang dinikahkan dgn Putrinya PB II adalah KH Hasan Besari sendiri sebagai penghormatan karena KH Besari sdh memberikan ketentrataman dan startegi kpd PB II, ktk Kraton Kartasura dibakar oleh Raden Mas Garendi/Sunana Kuning

      • Yerima kasih untuk informasinya, sebenarnya saya mencari silsilah saya , tetapi orang tua saya sudah meninggal, boleh saya mendapatkan kebenaran data saya keturunan dari KH Besari dan bisa berkenalan melalui email untuk lebih jauh. Vasko.indonesia@gmail.com

Leave a comment