Sulap Matematika ( Selalu 3 )

magic-hat

Akhir-akhir ini bermunculan berbagai inovasi pembelajaran seperti PAKEM,  CTL, quantum learning, inquiry learning, dan masih banyak lagi. Berbagai inovasi tersebut ditujukan untuk mengembangkan perilaku belajar siswa di kelas, yakni agar menjadi siswa yang aktif secara mental dan fisik, aktif berfikir sekaligus mengembangkan kepekaan hati dan emosinya sehingga dapat dicapai hasil belajar yang maksimal.

Namun kenyataannya, masih banyak proses pembelajaran di SD yang masih terpusat pada guru, artinya guru hanya menyampaikan materi tanpa melihat hasil yang diperoleh siswa. Untuk itu perlu dikembangkan pembelajaran yang menyenangkan, yang bisa merangsang anak mampu berfikir untuk membangun pengetahuannya dalam suasana yang menyenangkan.

Kegiatan menyenangkan adalah kegiatan pembelajaran yang mengaktifkan dan membuat anak kreatif dalam suasana yang menyenangkan. Sebagai contoh, pada saat saya mengajar matematika tentang hitung campuran, saya menyisipkan permainan  sulap dengan melibatkan unsur perkalian, penjumlahan, pengurangan, dan pembagian. Berikut ini permainan sulap yang saya lakukan dengan siswa saya di SD N 4 Ngadirojo.

Pertama, saya menulis prediksi jawaban yang akan saya berikan kepada siswa. Prediksi saya adalah 3 (tiga). Kemudian saya menyuruh siswa saya untuk memikirkan angka berapapun.  Sebagai contoh angka yang dipikirkan 6532

Kemudian kalikan angka tersebut dengan 2.

Langkah berikutnya, hasil perkalian tadi tambahkan dengan 9

Kemudian kurangkan dengan 3

Lalu bagi dengan 2

Langkah berikutnya, kurangi hasil pembagian tadi dengan angka awal yang dipikirkan.

Kemudian setelah siswa selesai dan menemukan jawabannya, waktunya membuka amplop yang berisi prediksi. Jawaban yang dicari siswa akan sama dengan prediksi yang kita buat sebelum permainan dilakukan. Berapapun angka yang dipikirkan jika melalui langkah-langkah diatas jawabannya pasti 3.

Nah, sekarang apakah hanya “3” saja yang bisa dibuat permainan prediksi? Jawabannya tidak, 4, 6, 19 juga bisa untuk permainan prediksi, namun langkah-langkahnya berbeda dari langkah-langkah diatas. Silahkan cari langkah-langkahnya sendiri, semoga cepat ketemu.

Dengan menyisipkan permainan sulap ditengah-tengah pembelajaran, ternyata membuat semangat siswa dalam belajar meningkat.

Semoga tulisan saya ini bermanfaat dan selamat mencoba. Terima kasih.

2 thoughts on “Sulap Matematika ( Selalu 3 )

Leave a Reply

