Media Pembelajaran. Perlukah Bagi Guru?


ni ching ni wanchi, ni khan ni shiang, ni kuncho nio cheto

DSC01721Beberapa minggu ini saya mengikuti mata kuliah  Komputer dan Media Pembelajaran yang dibimbing oleh Bapak Badruszaman, S. Kom. Banyak hal yang bisa saya petik selama mengikuti mata kuliah ini. Salah satu yang sangat bermanfaat bagi saya khususnya, dan untuk semua pengajar umumnya adalah perlunya guru menggunakan media pembelajaran saat memberikan pelajaran. Dengan menggunakan media pembelajaran akan memudahkan siswa untuk memahami pelajaran yang diterimanaya.

Ketidak berhasilan siswa dalam mengikuti belajar mengajar di sekolah bukan semata-mata karena ketidakmampuan anak didik, tetapi hal ini bisa disebabkan karena kurangnya guru memanfaatkan berbagai macam metode , sumber belajar dan kurangnya inofasi serta kurang kreatif untuk menciptakan media.

Mempelajari bukanlah menelan semuanya untuk mengingat apa yang telah diajarkan. Siswa harus mengolahnya. Seoarang guru tidak dapat serta merta menuangkan sesuatu kedalam benak anak didiknya. Karena mereka sendirilah yang harus menata apa yang mereka dengar dan lihat menjadi satu kesatuan yang bermakna. Belajar bukanlah kegiatan sekali tembak. Proses belajaar berlangsung secara bertahap, belajar memerlukan kedekatan dengan materi yang sudah dipelajari, dan memerlukan kedekatan dengan berbagai macam hal bukan hanya sekedar pengulangan atau hafalan, namun bagaimana siswa mampu memahami apa yang disampaikan guru.

Dalam hal ini guru dituntut mengembangkan kretifitasnya agar materi bisa diterima dengan baik oleh siswa, sehingga proses belajar mengajar akan berjalan efektif dan dapat mencapai tujuan sesuai perencanaan.

Untuk mencapai tujuan tersebut, guru perlu menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan bagi siswa dan guru itu sendiri. Disamping itu, guru sebagai penyampai materi dituntut untuk bisa memberikan kemudahan kepada siswa agar pelajaran yang disampaikan bisa dipahami. Salah satu komponen yang dapat memudahkan siswa belajar adalah dengan pemanfaatan media. Media belajar tidak selamanya harus beli, namun bisa memanfaatkan barang-barang bekas, tunbuhan, dan lingkungan sekitar.

Dengan pemanfaatan media akan membantu guru menghadapi hambatan ketika menyampaikan suatu konsep atau ide dan juga menambah wawasan kepada siswa. Dengan penggunaan media pembelajaran siswa tidak hanya mendengar dan mengingat, tetapi juga melakukan atau mengerjakan secara langsung. Seperti pepatah cina yang mengatakan “ni ching ni wanchi, ni khan ni shiang, ni kuncho ni cheto” yang artinya saya denar saya lupa, saya lihat saya ingat, saya mengerjakan saya paham”. Untuk itulah, sekali lagi ditegaskan seorang guru tidak hanya menyampaikan materi saja, namun harus bisa membuat siswa paham. Sekali lagi seoarang guru harus kreatif dan bisa merancang objek atau medi untuk membuat kepahaman siswa tinggi. Tanpa adanya objek atau media, pembelajaran  tidakl akan berjalan sesuai harapan karena semua materi disampaikan dengan ceramah dan akhirnya tidak pernah terjadi proses belajar secara langsung dalam diri siswa.

Itulah pentingnya media pembelajaranj bagi siswa, sudah seharusnya seoarng guru harus bisa menjadi tonggak keberhasilan siswa.

Dalam kesempatan ini, saya ucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Bapak Badruszaman, S. Kom, selaku tutor mata kuliah ini. Karena Beliaulah saya mulai tahu arti tugas seorang guru. Disekolah ilmu yang saya dapat langsung saya praktikkan, ternyata siswa saya lebih senang dengan pelajaran baru saya dan pemahaman terhadap pelajaran meningkat drastis.

DSC01709pemanfaatan barang bekas sebagai media pembelajaran

DSC01703pembelajaran tak selamanya harus dalam kelas

DSC01705pemanfaatan media tumbuhan untuk pelajaran SAINS

DSC01699permainan atau game juga bisa untuk media pembelajaran

23 thoughts on “Media Pembelajaran. Perlukah Bagi Guru?

  1. tulisan sampeyan sangat inspiratif…🙂
    insyaallah panjenengan kan menjadi guru yang inspiratif pula…
    saya bukan siapa2 cuma kebetulan diberi tugas untuk bergagi saja…
    tetap semangat berkarya…
    pun bagi saya.🙂

    • betul….. itulah beratnya seoarang guru, tak cuma disekolah aja. tapi dalam kesehariannya juga harus menampilkan sesuatu yang baik yang bisa ditiru

  2. saya lagi nyari referensi untuk berbagi pengetahuan tentang media pembelajaran dari barang bekas..kalau ada referensi bagi ya.,..
    makasi🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s