Gunung Bedes di Kecamatan Sooko

gunung bedes kecamatan sooko

Gunung Bedes adalah sebutan salah satu bukit yang berada di Desa Ngadirojo Kecamatan Sooko. Dinamakan Gunung Bedes karena di gunung ini dulunya banyak sekali kera (bedes-jw) yang menghuninya, sampai sekarangpun masih ada kera yang tinggal di sana. Gunung Bedes terletak di perbatasan antara Ponorogo dan Trenggalek tepatnya di Dusun Buyut Desa Ngadirojo Kecamatan Sooko. Letak gunung ini sekitar 14 km dari pusat kecamatan, dan sekitar 8 km dari pusat desa. Akses menuju ke gunung ini bisa ditempuh dengan kendaran bermotor, namun harus dengan kendaraan bermotor yang benar-benar dalam kondisi yang prima karena medan yang dilalui adalah tanjakan-tanjakan tajam. Bagi yang belum pernah melalui akses jalan tersebut akan merasa ketakutan dan kesulitan, namun akses jalan saat ini sudah dirabat sehingga tidak begitu sulit lagi.

Gunung Bedes bukan gunung yang besar dan berapi. Gunung Bedes hanyalah sebuah batu yang sangat besar yang menjulang dengan ketinggian lebih dari 200 m. Gunung Bedes  adalah salah satu bagian dari gunung-gunung kecil lainnya yang saling berjajar, gunung-gunung tersebut adalah Gunung Tengah dan Gunung Poleng. Gunung Bedes memiliki puncak yang luasnya kira-kira 10m2. Dari puncak inilah bisa dinikmati keindahan alam Kecamatan Sooko dari ketinggian. Sawah yang membentang, sungai yang mengalir dengan airnya yang jernih, hutan hijau nan luas, Gunung Bayangkaki yang kokoh serta rumah-rumah penduduk dapat dilihat dengan indah dari puncak Bedes. Jika hal ini dikembangkan bisa menjadi tempat alternatif penghilang stres. Postur gunung yang berupa batu besar dan menjulang tinggi jika dikembangkan bisa menjadi surga bagi pemanjat tebing yang suka tantangan. Selain itu bisa dikembangkan juga bumi perkemahan di sekitar gunung. Pernah ada salah satu SMA dari Kabupaten Trenggalek yang melakukan kegiatan perkemahan disekitar Gunung Bedes.

Gunung Bedes adalah salah satu aset yang dimiliki kecamatan Sooko untuk dikembangkan. Masih banyak lagi potensi-potensi tersembunyi yang dimliki oleh Kecamatan Sooko yang perlu diperkenalkan ke semua orang.

8 thoughts on “Gunung Bedes di Kecamatan Sooko

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s