Indahnya Kali Dawuhan di Panggul


Panggul merupakan salah satu nama kecamatan yang berada di Kabupaten Trenggalek Jawa Timur. Kecamatan Panggul berbatasan langsung dengan Kabupaten Pacitan dan berada di daerah pesisir laut selatan. Berada di pesisir laut selatan membuat Panggul memeiliki potensi alam berupa pantai yang menawan, diantara pantai itu adalah Pantai Pelang dan juga Pantai Konang. Keindahan pantai dan didukung dengan akses jalan yang bagus membuat pantai di Kecamatan Panggul dikunjungi banyak wisatawan.
Namun pada kesempatan ini saya akan membahas keindahan alam lain yang dimiliki oleh Kecamatan Panggul yang bernama Kali Dawuhan. Kali atau sungai ini berada di Desa Ngrambingan, sebelah selatan dari Kecamatan Panggul. Keindahan Kali Dawuhan sangat cocok dinikmati bagi yang suka fotographi, karena di kali tersebut banyak spot yang menarik yang bias diabadikan. Bebatuan besar ditengah jernihnya aliran air membuat kesan tersendiri bagi pengunjung. Tebing batu terjal yang mengapit aliran sungai menambah keindahan Kali Dawuhan.
Jalur untuk menuju ke Kali Dawuhan tidak begitu sulit. Rute yang bisa diambil yaitu dari Panggul menuju arah Pantai Konang, setelah ada pertigaan (gapura masuk Pantai Konang) belok kiri atau arah ke Desa Banjar. Sesampainya di Pasar Banjar ambil arah menuju Desa Ngrambingan. Dari sini jika masih bingung tanya saja pada warga sekitar.
Jika berkunjung kesana sebaiknya pada saat musim kemarau, karena jika musim hujan debit airnya cukup deras dan juga sering banjir. Tebing batu disekitar sungai juga rawan longsor. Jangan lupa jika berkunjung mari dijaga keindahannya dengan cara tidak membuang sampah disana, tidak membuat tulisan-tulisan yang tak berguna (karena dengan tulisan yang ditinggalkan menunjukkan bahwa penulisnya adalah orang-orang yang tak lebih pintar).
Berikut ini bukti keindahan Kali Dawuhan yang saya abadikan berupa video dan juga foto

Dan berikut keindahan Kali Dawuhan yang saya abadikan berupa foto

 

 

 

Leave a comment