Aplikasi Sederhana Untuk Penghitungan Suara Pileg TPS

index

Tanggal 9 April Indonesia akan mempunyai gawe besar, yakni memilih calon wakil rakyat. Pileg diselenggarakan secara serempak di seluruh indonesia. Disini saya tidak akan membahas partai atau caleg, namun saya akan sedikit berbagi tentang tugas KPPS. Kebetulan tahun ini saya masih ditunjuk untuk menjadi Ketua KKPS di desa saya. Seperti kita ketahui bersama tugas KPPS adalah menyelenggaran pemilihan di TPS dari awal sampai akhir. Tugas yang saya rasa paling berat adalah saat perhitungan perolehan suara. Perhitungan ini harus benar dan tidak boleh ada selisih. dari hal tersebut, kemarin saya iseng-iseng buka microsoft excel dan membuat rumus untuk menghitung perolehan suara di TPS. Ini saya gunakan untuk membantu saya dan anggota KKPS pada saat perhitungan nanti. Ini hanya untuk memastikan bahwa data benar, setelah itu tetap ditulis secara manual. Di Aplikasi sederhana ini terdapat Formulir Model C1 yang sudah saya kasih rumus serta Lampiran Formulir C1 untuk DPR RI, DPD, DPRD Prov, dan DPRD Kab. Dalam lampiran saya tuliskan juga DCT dari dapil 7 Jatim ( ini bisa diganti). Dalam Lampiran Model C1 ketika nanti diisi angka perolehan partai atau caleg, maka angka akan otomatis akan masuk ke Formulir Model C1. Berikut ini aplikasi sederhana itu. Semoga Bermanfaat.

Untuk download melalui 4shared klik tulisan dibawah ini

Aplikasi Sederhana Untuk Penghitungan Surat Suara di TPS

 

One thought on “Aplikasi Sederhana Untuk Penghitungan Suara Pileg TPS

Leave a Reply

