10 Pesona Wisata Ponorogo Timur

IMG_0552

Ponorogo merupakan salah satu kabupaten yang terletak di sebelah barat dari Propinsi Jawa Timur. Ponorogo dikenal sebagai Kota Reyog karena di kota inilah kesenian tersebut lahir. Reyog sudah mendunia dan menjadi ikon serta potensi wisata budaya bagi Ponorogo. Kota yang mendapat julukan Tanah Wengker ini selain mempunyai daya tarik wisata budaya juga menyimpan pesona wisata yang lain yang mungkin ada sebagian dari kita belum mengenalnya. Kali ini saya mencoba menulis dan memunculkan pesona wisata Ponorogo, khususnya Ponorogo Timur.

Ponorogo Timur adalah bagian dari Kabupaten Ponorogo yang berada di sebelah timur dari pusat pemerintahan kabupaten. Ponorogo Timur meliputi Kecamatan Ngebel, Kecamatan Pulung, Kecamatan Sooko serta Kecamatan Pudak. Ke empat kecamatan tersebut berada di lereng Gunung Wilis bagian selatan. Keempat kecamatan ini memiliki potensi wisata yang menarik dan layak untuk dikunjungi. Berikut ini potensi wisata yang berada di Ponorogo bagian timur.

  1. Telaga Ngebel

Telaga Ngebel sudah tidak asing lagi bagi sebagian orang, telaga yang berada di Kecamatan Ngebel ini menyuguhkan pemandangan telaga yang masih alami. Telaga ini berada kurang lebih 30 km dari arah kota. Setiap tanggal 1 Muharram di telaga ini diselenggarakan Larung Risalah Doa sebagai bagian dari peringatan Grebeg Suro.

telaga ngebel

2. Air Terjun Pletuk

Air Terjun Pletuk adalah air terjun dengan ketinggian kurang lebih 30 meter yang berda di Dusun Kranggan, Desa Jurug, Kecamatan Sooko. Deburan air yang jatuh menghasilkan buih-buih yang sejuk ditambah pemandangan sekitar air terjun yang hijau membuat pengunjung betah berlama-lama ditempat ini.

Baca selengkapnya disini :Pesona Baru Air Terjun Pletuk

Air-Terjun-Pletukair terjun pletuk

3. Tanah Goyang

Tanah Goyang adalah sebuah tanah yang lapang yang berada di tengah hutan pinus di Lereng Gunung Wilis, tepatnya berada di Kecamatan Pudak. Dinamakan Tanah Goyang karena jika kita kita menginjak tanah tersebut akan bergerak dan bergoyang.

Baca selengkapnya disini : Ada Tanah Goyangtanah goyang

4. Coban Lawe

Coban adalah sebutan dari air terjun. Coban Lawe adalah air terjun yang berada di Kecamatan Pudak tepatnya berada di Desa Krisik. Coban Lawe berada di tengah hutan yang masih alami dan belum banyak dikunjungi. Air Coban Lawe berasal dari lereng Gunung Wilis dan sangat jernih. Ada beberapa air terjun di sekitar Coban Lawe namun belum tersentuh.

Baca selengkapnya disini : Mengintip Keperawanan Coban Lawe

coban lawe

5. Air Terjun Toyomerto

Air terjun ini berada di Kecamatan Ngebel kurang lebih 5 km dari telaga, tepatnya berada di Dusun Toyomerto Desa Pupus. Air terjun ini juga dikenal dengan nama Air Terjun Selorejo.  Air terjun ini terdiri dari 2 tingkat air dalam satu aliran yang jatuh dari tebing batu. Masing-masing tingkatan memiliki ketinggian 25 hingga 30 meter.

air terjun toyomerto

6. Gunung Bedes

Selain wisata air, potensi wisata di Ponorogo bagian timur adalah gunung. Gunung Bedes merupakan potensi wisata tersebut. Gunung / bukit Bedes berada di Dusun Buyut Desa Ngadirojo Kecamatan Sooko ini layak dikunjungi karena dari puncaknya kita bisa menikmati alam Ponorogo dari ketinggian. Dari puncaknya juga kita bisa mengabadikan momen melalui kamera dengan spot yang menantang dan view Gunung Bayangkaki.

Baca selengkapnya disini : Keindahan Gunung Bedes

Gunung Bedesbedes 2

7. Pemandian Air Panas

Pemandian air panas ini berada di aliran sungai Dusun Pucuk Desa Wagir Lor Kecamatan Ngebel. Pemandian air panas ini berada di sebelah selatan Telaga Ngebel, sekitar 3 km dari telaga. Air panas ini dipercaya bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit kulit.

Sumber air panas

8. Kali Keyang

Kali Keyang adalah sebutan dari sungai yang mengalir dari lereng Gunung Wilis melalui Kecamatan Sooko hingga Sungai Madiun. Di aliran sungai ini bisa dijadikan spot memancing alami dengan didukung pemandangan alam sekitar sungai yang indah. Di aliran sungai ini juga nantinya akan di bangun Waduk Bendo yang berada di bawah Gunung Bayangkaki.

Baca selengkapnya disini : Spot Memancing Alami Kali Keyang

kecamatan sookokali keyang

9. Goa Maria Fatima

Selain potensi wisata alam, Ponorogo bagian timur juga mempunyai potensi wisata religi. Potensi tersebut antara lain Goa Maria Fatima. Goa Maria Fatima berada di Desa Klepu Kecamatan Sooko merupakan tempat peribadatan umat Katolik. Tempat ini selalu ramai dikunjungi oleh peziarah dari Ponorogo dan luar Ponorogo bahkan dari luar Jawa Timur.  Letaknya yang berada dilereng pegunungan dan dibawah hutan pinus membuat tempat ini sangat nyaman untuk dikunjungi. Sehingga peziarah yang datang ketempat ini merasa betah karena kesejukannya. Di tempat ini juga terdapat sendang (sumber mata air) yang benama Sendang Waluya Jatiningsih.

Baca selengkapnya disini : Goa Maria Fatima Sendang Waluya Jatiningsih

Goa Maria Fatima

10. Makam Tumenggung Jayengrana

Tahun 1745 Jayengrono diberi jabatan bupati dan mendapat gelar Tumenggung. Bupati Ponorogo Raden Surobroto lalu mempersilahkan Tumenggung Jayengrono memilih sendiri tempatnya yang baru. Tempat baru tersebut dinamakan Kabupaten Pedaten. Kabupaten Pedanten berpusat di Desa Patihan Kidul dengan wilayah utara dibatasi Jeruksing ke timur hingga Pulung,selatan Mlarak ke timur hingga Pulung. Tumenggung Jayengrana meninggal pada tahun 1780. Beliau di makamkan di Desa Pulung Merdiko Kecamatan Pulung.

makam jayengrana

Itulah sepuluh pesona wisata yang dimiliki Ponorogo dan masih perlu dikembangkan lagi agar lebih banyak pengunjung yang datang. Dan berikut ini video 10 pesona wisata Ponorogo Timur

9 thoughts on “10 Pesona Wisata Ponorogo Timur

  1. Mas, ke gunung bedes jalur aman nya lewat mana ya ? Di Google maps bisa lwt pulung atau nasional III..
    Mhn pencerahannya, maklum orang jakarta gatau medan nya. Terima kasih🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s