Air Terjun Pletuk Kecamatan Sooko

DSC_0331

Air Terjun Pletuk merupakan salah satu objek wisata alam yang berada di Kabupaten Ponorogo. Air Terjun Pletuk berada di Desa Jurug Kecamatan Sooko. Berada di tengah hutan pinus membuat lokasi ini sangat sejuk, namun sekarang hutan tersebut sudah habis. Lokasi ini sangat cocok untuk berlibur bersama teman atau keluarga, pemandangan yang sangat alami bisa membuat orang yang berkunjung menjadi lupa akan problema hidup yang dihadapi. Suara gemuruh air dari ketinggian sekitar 50 meteren  yang jatuh menerpa bebatuan seakan bersimfoni membentuk irama yang menenangkan hati. Buih air yang terhembus angin menerpa tubuh membuat pikiran menjadi fresh.(lebay….)

Dibalik keindahan tersebut ada hal yang perlu diperhatikan agar wisata andalan dari Kecamatan Sooko ini tetap banyak yang mengunjunginya. Yang pertama akses jalan menuju ke lokasi harus diperhatikan, jalan menuju ke lokasi adalah tanjakan tajam, banyak pengunjung yang takut untuk melaluinya apalagi kondisi sekarang yang sudah rusak. Yang kedua, jalan setapak menuju air terjun mulai dari tempat parkir harus selalu dijaga dan dipantau apalagi kalau musim penghujan. Jalan setapak ini berada di tengah-tengah jurang sehingga pagar pembatas jalan harus selalu dipelihara dan diperhatikan agar pengunjung tidak merasa was-was. Kondisi sekarang jalan terkesan dibiarkan, banyak jalan yang longsor dan pagar banyak yang sudah rusak, sehingga akses menuju ke lokasi semakin sulit. Yang ketiga, perlu ditambah sarana penunjang untuk menarik pengunjung. Di lokasi ini dulu ada kandang ular besar dan juga ada monyet, dengan adanya hewan tersebut akan memberikan hiburan tambahan bagi pengunjung. Namun sekarang sudah tidak ada. Di air Terjun Pletuk juga sudah dibangun fasilitas tambahan berupa Mushola, Kamar Mandi dan warung yang menyediakan berbagai jenis makanan. Disana juga sudah dibuat wahanya flying fox namun sekarang sudah jarang difungsikan.

Sangat disayangkan memang jikalau keindahan alam Air Terjun Pletuk tidak diimbangi dengan sarana yang memadahi. Tidak menuntut kemungkinan bagi para pengunjung kapok untuk kesana. Oleh karena itu perlu kerjasama semua pihak yang berkaitan untuk bersama-sama menjaga dan mengembangkan Air Terjun Pletuk.

Tips jika mau berwisata ke Air Terjun Pletuk

–          Cek Kendaraan yang mau dibawa

Mengecek kendaran memang perlu dilakukan setiap kemanapun mau pergi, apalagi jika ingin pergi seperti ke Air Terjun Pletuk, karena medan menuju kesana adalah tanjakan tajam. Perlu kendaraan yang benar-benar tangguh agar bisa sampai lokasi, jangan pernah mencoba membawa kendaraan yang sudah reyot jika tidak mau malu di jalan. Hahaha….

–          Perhatikan cuaca

Waspada adalah salah satu cara kita untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Jika sudah sampai lokasi Air Terjun Pletuk tingkatkat kewaspadaan karena di daerah tersebut rawan longsor. Jika cuaca gelap dan mau hujan segeralah naik dari lokasi.

–          Jika membawa pacar, pastikan dalam kondisi tidak bertengkar

Jalan menuju Air Terjun Pletuk berada di tengah-tengah jurang. Jangan sekali-sekali membawa pacar pada saat bertengkar, dikawatirkan terjadi hal-hal yang tidak diinginkan seperti loncat dari jurang.

–          Persiapkan selalu kamera

Berkunjung ketempat wisata kurang lengkap jika tidak mengabadikannya melalui kamera. Sekarang setiap HP sudah dilengkapi dengan kamera, dan hampir semua orang sekarang HP yang dimiliki sudah berkamera (kecuali saya karena saya adalah tipe setia, hehehe). Seiring perkembangan zaman yang semakin maju, setelah mengabadikan dalam kamera kemudian jangan lupa di shared melalu jejaring sosial atau media-media yang lain dengan harapan agar orang lain tertarik untuk berkunjung ke Air Terjun Pletuk.

Air Terjun Pletuk adalah satu diantara banyak potensi yang dimiliki oleh Kecamatan Sooko, lain kali saya akan menampilkan potensi-potensi tersebut. Terima kasih atas kunjungannya



4 thoughts on “Air Terjun Pletuk Kecamatan Sooko

  1. iya sayang sekali tpt itu kurang d rawat… pda hal klu d perhatikan seharus tempat tu bisa membantu meningkatkan perekonomian penduduk sekitar. sangat d sayang kan…
    Mas tolong klu bisa postingin tentang gua bunda maria dong n tentang asal usul na klu bisa thank u🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s