Eyang Saketi Joyo


Pondok Tegalsari pada saat dipimpin oleh Kiyai Hasan Besari sangatlah tersohor, santrinya tidak hanya orang-orang biasa namun dari kalangan keraton. Santri beliau banyak yang menjadi orang terkenal. Selain itu banyak santri beliau yang berkelana menyebarkan Islam di Indonesia. Salah satu santri beliau yang menyebarkan Islam di tanah Ponorogo yaitu Eyang Saketi Joyo. Eyang Saketi Joyo adalah bangsawan dari keraton Solo seanggakatan dengan Eyang Ronggo Warsito, beliau juga sama-sama mondok di pondok pesantren Tegalsari Ponorogo asuhan Kyai Ageng Besari.

Namun beliau beserta saudaranya tidak pulang ke Solo pada waktu itu karena pihak keraton menyia-nyiakan, beserta adiknya beliau babad deso yang sekarang ini bernama Karang Lo Kidul ikut dalam wilayah Jambon Ponorogo (kuarang lebih 5km dari pasar Sumoroto Kauaman menuju selatan), disinlah beliau menyebarkan agama Islam sesuai yang didapat dari gurunya Kyai Ageng Besari tegalsari.

Pada masa mondok dulu Eyang Saketi Joyo ini diajarkan banyak banyak membaca sholawat oleh Kyai Ageng Besari. Eyang ini juga masih kerabat dari eyang Pangeran Trenggono. Makam beliau dibelakang MTsN didesa tersebut namun tidak terawat

sumber : http://kopimbahteklukponorogo.blogspot.com/2009/03/eyang-saketi-joyo.html

Leave a comment