Bo Gi Lung ( Rebo Legi Julung )


calendar_tapeTernyata udah lama gak nulis di blogku. Bingung mau nyari bahan untuk menulis. Selain itu mungkin karena sibuk menghadapi murid-muridku. Hari ini tadi tiba-tiba ada inspirasi untuk menulis. Pak Bosku hari ini mengingatkanku dengan istilah BOGILUNG, opo iku… Hahahahhaha, ini sebuah kepercayaan orang-orang jawa dahulu tentang BoGiLung. BoGiLung itu sebuah singkatan dari Rebo Legi Julung. Sebuah istilah Jawa yang masih dipercayai sampai sekarang. Rebo itu diambil dari bahasa Rabu, Legi sebuah pasaran dalam kalender Jawa, dan Julung sebuah wuku dalam penanggalan Jawa juga. BOGILUNG menurut cerita Pak Bosku adalah sebuah hari pada penanggalan Jawa yang tidak boleh untuk melakukan hubungan suami istri, bagi yang melakukan dan menjadi hamil anaknya dipercaya akan enjadi anak yang sulit diatur, nakal dan lain sebagianya. Dan Rabu hari ini ( 12 Maret 2012 ) adalah hari BOGILUNG itu. Hari BOGILUNG akan jatuh 7 bulan lagi dari hari ini, yaitu tanggal 9 Oktober 2013.

Dalam penanggalan Jawa dikenal dengan istilah wuku, yaitu istilah perhitungan hari dengan siklus mingguan.

Wuku adalah siklus mingguan dimana dalam satu siklus wuku tersebut terdapat gabungan siklus 7 harian (Senin, Selasa, Rabu, Kamis, Jumat, Sabtu dan Minggu) dengan siklus 5 harian atau yang lebih dikenal dengan istilah pasaran (Pahing, Pon, Wage, Kliwon dan Legi). Satu (1) wuku berumur 7 hari, sedangkan keseluruhan siklus wuku itu sendiri berjumlah 30 yaitu :

1. Sinta 6. Gumbreg 11.Galungan 16.Pahang 21.Maktal 26.Wugu
2. Landhep 7. Warigalit 12.Kuningan 17.Kuruwelut 22.Wuye 27.Wayang
3. Wukir 8. Warigagung 13.Langkir 18.Marakeh 23.Manahil 28.Kulawu
4. Kurantil 9. Julungwangi 14.Mandasiya 19.Tambir 24.Prangbakat 29.Dukut
5. Tolu 10.Sungsang 15.Julung Pujut 20.Medangkungan 25.Bala 30.Watu Gunung

Dikarenakan 1 wuku terdiri dari 7 hari yang digabungkan dengan 5 hari pasaran dan jumlah wuku ada 30, maka secara keseluruhan siklus wuku berjumlah Kelipatan Persekutuan terKecil (KPK) dari angka (7, 5 dan 30) yaitu 210. Jadi 1 tahun wuku sama dengan 210 hari, dimulai dari wuku Sinta diakhiri dengan wuku Watu Gunung.

Itulah salah satu warisan kebudayaan Jawa yang masih berkembang sampai saat ini. Untuk itu masalah kawan-kawan percaya atau tidak semuanya saya kembalikan kepada pribadi masing-masing

3 thoughts on “Bo Gi Lung ( Rebo Legi Julung )

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s